Estetika Desain Grafis








Desain grafis adalah suatu bentuk Komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.
Pengertian estetika:
Kata estetika berasal dari kata Yunani aesthesis yang berarti perasaan, selera perasaan atau taste.
Estetika adalah hal yang mempelajari kualitas keindahan dari obyek maupun daya impuls dan pengalam estetik pencipta dan pengamatannya.

Mengapa mengnal Estetika
Pertama, karena karya-karya seni dan desain yang alami maupun buatan begitu berharga sehingga dipelajari ciri-ciri khasnya demi karya seni dan desain itu sendiri.
Kedua, pengalaman estetika (pengalaman mengenai seni dan desain) itu begitu berharga baik untuk kelompoknya maupun anggotanya sehingga karya seni dan desain itu mesti dipelajari.
Ketiga, pengalaman estetika begitu bernilai pada dirinya sendiri sehingga membutuhkan pengujian dan penelitian mengenai kuwalitas  karya seni dan desain itu.

Jadi Estetika merupakan pengetahuan yang mempelajari dan memahami melalui  pengamatan hal ikhwal keindahan baik pada obyek maupun subyek atau pencipta dan pengamatan melalui proses kreatif dan filosofis.
Ikatan kerja sama desainer grafis pada perusahaan:
Pemasaran, mengumpulkan data selera pasar yang layak jual.
Keuangan, menentukan anggaran produksi.
Produksi, merencanakan efektifitas dan efisiensi produk.
Teknisi, memacu produksi agar dapat memproduksi lebih cepat dan dengan biaya yang lebih ringan.
Tema Fungsi Desain
1. Rasional
2. Humor / jenaka
3. Rasa takut
4. Patriotik
5. Kesalahan
6. Kaidah
7. Simbol
8. Pengandaian
9. Emosional

KARAKTER DESAINER
Mempunyai kecakapan teknis
Mengerti akan sifat bahan
Mengerti akan kebutuhan orang banyak
Selalu ingin tahu
Ketajaman melihat
Inisiatif
Senang dan cakap
Kepercayaan
Kejujuran
Memperhatikan resiko dan mempertanggung jawabkan karyanya
Mengumpulkan data
Tekun dan mengerti maksud tujuannya

NIRMANA DALAM DESAIN GRAFIS
Nirmana dalam desain merupakan strategi atau langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penciptaan desaain grafis agar menghasilkan karya yang mempunyai rasa estetik tinggi.
Nirmana merupakan ilmu dasar kedesainan yang mempelajari dasar-dasar desain mengenai warna, bentuk, bidang, ruang, dengan berbagai pendekatan kreatif eksperimentatif meliputi komposisi, irama, harmaoni dan sebagainya.
Prinsip-prinsip desain grafis seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity) dan komunikatif.

0 comments